Tutorial Dasar CorelDraw - Untuk Orang Awam

[Article 01-001]

Dalam tutorial kali ini kita akan berkenalan dengan software coreldraw dari sangat dasar, dimana kita nanti akan diperkenalkan dengan tools-tools mendasar yang wajib diketahui. Kami tidak akan menjabarkan secara detail satu persatu namun lebih kepada tools yang paling sering dipakai saja. Pembahasan lebih mendetail akan dibahas pada tutorial tingkat advance.



Seperti tujuan awal kami bahwa belajar coreldraw disini agar bisa langsung dipraktikkan dan bukan hanya sekedar teori yang berbelit belit. Kuncinya adalah mari belajar sambil bekerja langsung dalam studi kasus. Yuk kita ikuti tutorial ini dengan seksama.

Pertama kita buka dulu coreldraw, sampai muncul splash screen. tunggu hingga muncul antarmuka dasar coreldraw dengan halaman kosong (empty workspace). Langkah awal kita buat dulu dokumen baru dengan klik menu File>>New atau bisa juga dengan klik icon blank page di pojok kiri atas.

Akan muncul sebuah jendela property dokumen baru kita. Secara default corel akan membuat halaman baru dengan ukuran A4. Namun jika kita menginginkan membuat dokumen dengan lebar dan tinggi tertentu, kita bisa mengetikkan manual. Untuk saat ini biarkan kita memilih defaultnya saja. Dokumen baru berwarna putih akan muncul, disinilah nanti kita akan bekerja untuk membuat karya kita.


Hal dasar yang perlu dipahami dalam corel adalah dalam hal bentuk, garis, dan pewarnaan. Itu saja sudah cukup sebagai pengetahuan dasar kita dalam menjelajahi corel tingkat dasar. Dalam tools corel terdapat bentuk dasar yaitu Rectangle, Circle, Polygon, Outline, Fill. Penjelasannya sebagai berikut :
  • Rectangle : Kotak (persegi, persegi panjang)
  • Circle : Lingkaran, Oval
  • Polygon : Bentuk segi banyak
  • Outline : Garis tepi
  • Fill : Warna isi object

Kita simak contohnya dan langsung kita praktekkan cara pembuatannya.


  • Klik tools "Rectangle", kita buat sebuah objek kotak dengan cara klik kiri tahan (drag) kemudian ditarik secara diagonal (miring) sampai kepada bentuk yang kita inginkan. Cobalah beberapa kali sampai anda terbiasa.
  • Untuk membuat kotak persegi (sama sisi), gunakan bantuan keyboard dengan cara tekan tahan tombol "CRTL" kemudian buat kotak seperti cara di atas. fungsi tombol ini adalah mengunci panjang dan lebar objek agar selalu sama.
  • Perhatikan objek kotak yang telah kita buat tadi. Kotak tersebut memiliki "property" atau komponen penyusun berupa garis luar saja. Inilah yang dinamakan "outline" sedangkan bagian dalam kotak disebut dengan "fill". Kotak yang telah kita buat tadi kini hanya mempunyai outline tanpa fill, sekarang mari kita isi kotak dengan warna. Perhatikan pada bagian kanan jendela corel, ada deretan warna yang tersusun vertikal dari atas ke bawah. Deretan warna itu disebut color pallete atau palet wana.
  • Untuk memberikan warna pada objek, anda tinggal klik objek yang akan diberi warna, kemudian klik salah satu warna yang ada di color pallete. Jangan takut untuk bereksperimen, klik berbagai macam wana yang ada, otomatis warna yang anda klik terakhir adalah warna yang muncul pada objek.
  • Jika ingin menghilangkan warna objek, klik color palette dengan tanda kotak putih tersilang merah. Pilihan warna pada color palette ada banyak, cobalah cek dengan klik tombol panah atas dan bawah yang terdapat di color pallete.

  • Selain mengganti warna fill anda juga bisa mengganti warna outline. Caranya sama seperti mewarnai fill, bedanya kalau mengisi warna fill kita menggunakan klik mouse sebelah kiri, sedangkan untuk mengganti warna outline kita menggunakan klik kanan mouse.

Latihan :
1. Buatlah objek lingkaran dengan circle tools
2. Buatlah objek lingkaran bulat sempurna dengan circle tools
3. Isi warna objek lingkaran dengan warna, termasuk warna outline
4. Hapus warna objek lingkaran hanya pada outline sedangkan fill tetap berisi warna.
5. Lakukan hal yang sama antara poin 1-4 namun menggunakan objek poligon

Lanjutkan ke tutorial berikutnya : [Article 01-002]

Baca Juga Tutorial :






Posting Komentar

0 Komentar