Cara Install CorelDraw X7 Anti Blokir (Part 2)

[Article 00-002]

Jika anda belum membaca langkah awal instalasi CorelDraw X7 dari awal, silahkan kunjungi halaman sebelumnya di sini

Kita lanjutkan dengan proses merubah CoredDraw X7 dari Trial menjadi Full Version Pemanen. Kembali perlu diingat bahwa anda harus mematikan koneksi internet, mematikan antivirus dan menon-aktifkan windows defender (real time protection) terlebih dahulu. Oke kita lanjut pembahasannya.



1. Proses Registrasi Serial Number

  • Buka aplikasi CorelDraw X7 yang telah anda install tadi, sampai pada halaman "welcome to trial", klik continue

  • Pada halaman berikutnya yaitu halaman registrasi, pilih "Register Later" kemudian klik continue sampai muncul halaman kerja kosong (empty workspace)

  • Buat dokumen baru dengan klik menu File>>New atau tekan "Ctrl+N"
  • Buat objek sembarang yang penting pada lembar kerja terisi sesuatu, kemudian tutup dokumen dengan pilih menu File>>Close
  • Jika ada jendela yang meminta anda untuk memyimpan file atau tidak, pilih "No"
  • Selanjutnya anda akan dihadapkan pada halaman puchase. Pilih "Already Purchased"

  • Di halaman selanjutnya anda akan dihadapkan pada halaman untuk memasukkan serial number. Jangan klik tombol apapun terlebih dahulu. Dimana kita bisa mendapatkan serial numbernya? Nah kita kembali ke folder tempat kita mengekstrak file instalasi yang lalu. Jangan tutup halaman CorelDraw dulu. 
  • Cari file keygen.exe kemudian klik kanan dan pilih "Run As Administrator" dengan catatan anda telah melakukan proses pertama dengan benar yaitu mematikan antivirus dan windows defendernya.

  • Setelah software keygen terbuka, sesuaikan jenis software yang akan kita cari serial numbernya. Dalam hal ini kit pilih CorelDraw X7, kemudian click "Generate Serial Number". Klik beberapa kali sampai muncul serial number secara acak. Sebenarnya klik generate serial number sekali saja sudah cukup. Namun alangkah baiknya jika serial number yang kita buat semakin acak semakin bagus.
  • Copy serial number yang muncul di software keygen dan paste kan di jendela CorelDraw tadi. Klik "Enter Serial Number". Masukkan serial number hasil dari keygen tadi ke kolom serial number lalu klik "Activate Offline"

  • Halaman kemudian beralih ke jendela yang menampilkan informasi serial number yang telah kita input, dibawahnya ada "Instalation Code" yang berisi beberapa seri huruf dan angka dan dibawahnya ada kolom kosong. 
  • Ketik "Instalation Code" yang terdapat pada CorelDraw ke dalam kolom "Instalation Code" yang terdapat di software keygen. Bisa saja isinya dicopy paste, tapi memakan waktu lebih lama karena kita hanya bisa mengcopy per 4 karakter. Saran saya lebih baik di ketik manual dengan dibatasi tanda (-) setiap 4 karakter tanpa spasi. Kemudian klik "Generate Activation Code"
  • Hasil "Activaton Code" yang muncul di keygen kemudian di copy dan di paste di kolom kosong terbawah pada jendela CorelDraw kita tadi. Klik Continue.
  • Jika muncul jendela yang berisi peringatan Error:Invalid Serial Number, abaikan saja dan klik OK, jendela akan tertutup dan lanjut ke jendela lain.

  • Pada jendela baru yang muncul, pilih saja "Save to File". Hal ini bertujuan untuk menyimpan serial number kita sebagai cadangan ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. File tersebut biasanya bernama coreldraw.txt dan simpan ditempat yang mudah anda ingat. Setelah itu klik close saja.

2. Memblokir Server CorelDraw Agar Tidak Terblokir.

Hal ini adalah yang tidak kalah penting. Meskipun ini adalah opsional tapi lebih baik jika dilakukan agar lebih aman. Terkadang secara rutin dalam beberapa minggu atau bulan, antara software CorelDraw yang kita pasang dan Server CorelDraw melakukan komunikasi yang tidak kita sadari. Disini lah fungsi dari metode kita ini nanti, yaitu memblok komunikasi ini secara permanen. Caranya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama-tama, bukalah menu "Control Panel" kemudian cari menu "Windows Firewall". Atau lebih mudahnya lagi anda tinggal ketik "Firewall" di kolom pencarian komputer dengan menekan "Windows+S"

  • Pada halaman "Firewall" pilih menu di kolom kiri "Advance Setting"

  • Jendela pengaturan firewall akan muncul, perhatikan 2 menu teratas di pojok kiri atas. Ada menu "Inbound Rules" dan "Outbound Rules". Secara default menu "Inbound Rules" sudah ada settingan blokir CorelDraw. Jadi kita lewati ke langkah selanjutnya yaitu di menu "Outbound Rules"
  • Klik menu "New Rules" pada menu pojok kanan atas. Kemudian jendela baru akan muncul, klik pilihan "Custom Rules" lalu klik next.

  • Pilih menu "This Program Path" dan klik tombol "Browse". Jendela explorer akan muncul dan kita akan mengarahkan dimana file yang akan kita blokir, dalam hal ini adalah file "corelDRW.exe". Jika kita sudah familiar dengan direktori windows kita bisa mencari di direktori: C:\Program Files\Corel\CorelDraw Graphic Suite X7\Program64\corelDRW.exe. Jika kita menginstal versi 32 bit maka berada di direktori C:\Program Files (x86)\Corel\Coreldraw Graphic Suite X7\Program\corelDRW.exe. Path tersebut tergantung versi windows yang anda install. Lebih gampangnya anda tinggal ketikkan nama file "corelDRW.exe" pada kolom pencarian kanan atas yang terdapat di jendela explorer yang terbuka tadi.

  • Jika sudah ketemu filenya, tinggal klik OK. Lanjutkan prosesnya dengan tekan tombol next dan next sampai anda diarahkan ke jendela Action. Pilih "Block Connection" klik next kembali sampai pada jendela Name.

  • Pada jendela Name, isikan nama rules yang kita buat tadi. Isinya sembarang yang penting anda tau bahwa itu adalah rules untuk block coreldraw outbound. Selanjutnya klik Finish.

Setelah anda melakukan langkah, langkah di atas secara berurutan, langkah terakhir yang anda lakukan adalah memastikan settingan firewall anda ON, jika firewall anda berstatus OFF maka langkat tadi percuma saja dilakukan. Anda bisa kembali menyalakan koneksi internet anda dan menghidupkan antivirus serta windows defender anda.

Demikian tadi cara agar instalasi corel kita bisa menjadi permanen dan anti blokir. Jika ada hal yang kurang dimengerti, atau bahkan terjadi kendala, kami persilahkan untuk tulis di kolom komentar atau menghubungi admin secara langsung.





Posting Komentar

0 Komentar