Software Desain Paling Banyak Dipakai Di Dunia

Sebelum membicarakan perangkat lunak desain, sebaiknya kita tahu dulu apa itu desain grafis. Pengertian desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Sedangkan software desain adalah perangkat lunak yang digunakan untuk proses desain grafis.

Software desain kini telah menjadi bagian penting dalam industri desain modern. Dengan semakin berkembangnya teknologi, desainer menjadi berpaling untuk menggunakan software desain untuk mempermudah kerja mereka seperti membuat karya seni digital, ilustrasi, modeling 3D dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini kita akan membahas 7 software desain yang paling banyak digunakan di dunia. Mungkin sebagian dari kalian menebak salah satunya adalah CorelDraw dan Photoshop. Anggapan kalian tidak sepenuhnya salah, namun kita lihat saja apakah perkiraan kalian ada di daftar berikut. Yuk kita simak langsung.


1. Adobe Creative Cloud

Adobe Creative Cloud adalah paket software desain kreatif yang telah menjadi standart industri desain di dunia. Dalam hal ini termasuk software seperti Photoshop, Illustrator, InDesign dan After Effects. Adobe Creative Cloud telah digunakan secara luas oleh para desainer, fotografer, dan artis di seluruh penjuru dunia. Fitur yang ditawarkan sangat powerful dengan antarmuka yang ramah pengguna (user friendly) membuat software ini menjadi alat wajib dalam proyek desain.



2. SketchUp

Sketch adalah software desain berbasis vector dan pada beberapa tahun belakangan telah mendapatkan kepopulerannya dikalangan desainer. Kalangan yang paling banyak menggunakan software ini adalah desainer web dan desainer UI/UX. Software ini memungkinkan desainer untuk membuat karya seni digital, wireframe, dan purwarupa (prototype). Sangat mudah digunakan karena tampilan antarmukanya yang sederhana sehingga sangat mudah dipelajari.



3. Figma

Figma juga merupakan salah satu perangkat desain berbasis cloud yang memungkinkan desainer untuk berkolaborasi secara real-time. Hal ini menjadikan software ini menjadi cukup populer diantara tim yang bekerja dalam sebuah proyek desain secara jarak jauh. Figma memiliki kemampuan untuk menciptakan purwarupa interaktif, membuat antarmuka dan masih banyak lagi. Hal yang membuatnya sangat populer adalah fiturnya yang powerful dan kemudahannya dalam pengoperasian meski bagi pemula sekalipun.



4. Canva

Software yang satu ini sepertinya sudah akrab didengar di telinga pengguna Indonesia. Selain dapat ditemui  di platform desktop (komputer), aplikasi ini juga dapat ditemui dalam versi android dan iOS pada perangkat besutan Apple. Canva merupakan platform desain berbasis web yang memungkinkan pengguna mampu membuat desain tanpa pengalaman sekalipun. Aplikasi ini sangat populer digunakan oleh pengguna yang tidak memiliki skill desain sama sekali atau bisa dibilang non-desainer. Pengguna terbesarnya adalah dari kalangan pelajar, pemilik bisnis kecil menengah dan marketing sosial media. 

Canva menawarkan template dalam jumlah yang banyak dan beraneka ragam sehingga sangat memudahkan orang utuk membuat karya atau desain yang terlihat professional dengan cepat. Oleh sebab itu, platform ini sangat banyak digunakan di kalangan masyarakat luas. Hmm.. jangan-jangan kalian adalah salah satu pengguna aplikasi ini.



5. Procreate

Procreate adalah aplikasi pelukis digital yang dirancang untuk digunakan di iPad. Kini keberadaanya telah menjadi terkenal di kalangan artis digital dan para ilustrator. Procreate menawarkan jenis kuas dan alat lukis lain yang sangat beragam, membuat aplikasi ini sangat mudah dipakai untuk menghasilkan karya seni digital. Antarmuka yang ramah dengan pengguna dan tentu saja dengan fitur yang powerful juga membuat aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi kalangan artis digital.



6. AutoCAD

AutoCAD merupakan salah satu varian aplikasi CAD (Computer-aided-design) yang keberadaannya telah digunakan secara luas oleh para insinyur dan dan pelaku industri arsitektur. Dengan aplikasi ini, desainer dapat membuat desain permodelan 2D ataupun 3D. Penggunaanya sudah sangat luas dimasyarakat karena hampir digunakan lebih dari beberapa dekade.

Masih banyak sekali varian software CAD yang ada di masyarakat, namun AutoCAD besutan perusahaan Autodesk. ini adalah yang paling populer diantara yang lain.



7. Blender

Blender adalah aplikasi desain 3D open-source dimana penggunaanya telah meluas di industri game dan perfileman. Kemampuan software ini dalam membuat model 3D, animasi dan efek visual dengan relatif mudah membuat penggunanya kian hari semakin banyak. Fitur yang ditawarkannya lumayan powerful sehingga penggunanya kebanyakan dari kalangan amatir, penghobi bahkan sampai kalangan professional.


Kesimpulannya, software desain yang disebutkan di atas adalah software yang paling banyak digunakan oleh desainer, artis dan insinyur diseluruh dunia. Aplikasi sebagai alat bantu pekerjaan telah menjadi kebutuhan mendasar dalam dunia industri desain modern. Tiap aplikasi tentunya memiliki fitur uniknya sendiri, tentunya dengan berbagai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Begitu pula dengan pangsa penggunanya, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemudahan yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi. Kadang ada yang lebih cocok pakai software A, ada yang lebih cocok software B, dan lain sebagainya.

Diluar informasi yang telah disebutkan di atas, diantara kalian pasti ada yang berfikir, loh CorelDraw kok tidak disebutkan? Ada alasan kenapa CorelDraw tidak disebutkan di atas. Sesuai tajuk artikel ini bahwa yang disebutkan adalah software dengan pengguna terbanyak di dunia. Jadi apakah Corel Draw penggunanya sedikit? Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel selanjutnya di bawah ini 

CorelDraw Kurang Populer Dibanding Software Desain Lain

Posting Komentar

0 Komentar